Ketua KPUD Raja Ampat Lantik  Panitia Pemilihan Distrik

Waisai, MediaCenter– Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Raja Ampat, Steven Eiben melantik dan mengambil sumpah janji jabatan  Panitia Pemilihan Distrik (PPD) se-Kabupaten Raja Ampat.  

PPD yang disumpah ini berasal dari 24 istrik (kecamatan) serta anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) berjumlah 16 dari Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat.

Pelantikan PPD paska Paska Putusan Mahkmah Konstitusi 2019 ini berlangsung di Gedung Wanita Syalome Syeben, Raja Ampat, Selasa ( 22/1) dihadiri Ketua KPUD Provinsi Papua Barat, Amos Atakana, Bupati Raja Ampat yang diwakili Asisten III Setda Raja Ampat, Julianus Mambraku, SH, Dandim 1705/Raja Ampat,  Joseph P. Kaib, Kapolres Raja Ampat AKBP Edy Setyanto Erning W.SIK serta beberapa pejabat sipil dan militer di Raja Ampat.

Ketua KPU Provinsi Papua Barat Amos Atkana meminta PPD Raja Amat ini untuk bekerja keras mengingat pelaksanaan pemilu sudah diambang pintu. Ia juga berpesan agar PPD ini bekerja dengan baik dan penuh tanggungjawab sebagai penyelenggara pemilu di tingkat distrik di Raja Ampat.

 "Pelaksanaan pemilu sudah dekat. Bekerjalah dengan baik, tanggung jawab kita sangat besar karena kita bagian dari negara ini,” ujarnya

Dijelaskannya, pada pesta demokrasi kali ini ada lima surat suara  atau dikenal dengan pemilu lima kotak, satu orang di TPS itu membawa lima surat suara yaitu Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota, dan DPRD Kabupaten yang akan dipegang oleh pemilih. Untuk itu diperlukan pemahaman yang baik dari pemilih.

Sementara itu, Bupati Raja Ampat dalam sambutan yang dibacakan Asisten III Setda Raja Ampat, Yulianus Mambraku,SH.M.Msi, mengatakan tahun ini merupakan tahun yang sangat penting karena adanya Pemilihan President dan Wakil President Republik Indonesia dan juga anggota legeslatif. Karena itu  penyelengaraan pesta demokrasi ini seperi KPUD, Bawaslu harus bekerja menyukseskannya.

"Saya  ingin agar Raja Ampat dapat melangsungkan agenda pesta demokrasi tersebut dengan aman damai dan sejuk. Saya berharap KPUD dan Bawaslu dapat melaksanakan setiap tahapan dengan penuh profesional serta berpedoman pada aturan yang berlaku,” ujar Yulianus Mambraku.

Mewakili Bupati Raja Ampat, Yulianus Mambraku menyampaikan selamat bertugas kepada anggota PPD yang dilantik. Ia berharap amanat yang diberikan itu dapat dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggungjawab. 

Laporan: M.Yusup

Editor  : Petrus R

'